PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN SISWA KELAS V PADA TOPIK PENGARUH KALOR TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ary Noviyani, Ni Kadek (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN SISWA KELAS V PADA TOPIK PENGARUH KALOR TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711033001-COVER.pdf

Download (864kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711033001-ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711033001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711033001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711033001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711033001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711033001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711033001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711033001-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tahap pengembangan instrumen penilaian kompetensi, mengetahui validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kelayakan dari instrumen penilaian kompetensi tersebut. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (developmental research), yang menggunakan model 4-D yang memiliki empat tahapan yang sangat penting yaitu terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Akan tetapi dalam tahapan terakhir yaitu tahap penyebaran hanya sampai pada penyebaran secara terbatas yang ditujukan untuk sekolah yang dilakukan penelitian saja dan tidak melakukan penyebaran ke sekolah-sekolah lainnya, mengingat kondisi yang tidak memungkinkan. Penelitian pengembangan instrumen penilaian kompetensi pada mata pelajaran IPA ini dilakukan di SD Negeri Kedisan. Subyekdari penelitian ini berupa instrument penilaian kompetensi pada mata pelajaran IPA khususnya pada topik pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda yang berupa tes bentuk pilihan ganda dengan jumlah 35 butir soal. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tes berupa tes kompetensi pengetahuan dengan bentuk pilihan ganda. Sedangkan teknik yang dipakai untuk menganalisis adalah validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dari 35 butir soal hanya terdapat 30 butir soal yang dinyatakan valid, sedangkan 5 butir soal lainnya dinyatakan gugur atau tidak valid. Kemudian dilanjutkan dengan analisis reliabilitas, dan hanya soal yang valid saja yang dapat dilakukan analisis. sehingga berdasarkan dari hasil analisis dengan menggunakan rumus Kuder Richardson yaitu diperoleh hasil r tabel sebesar 0,94 dengan kualifikasi yang dikatakan sangat baik. Sehingga kriteria reliabilitas di dalam soal tersebut tergolong sangat tinggi. Dalam penyusunan sebuah instrumen diharapkan mampu mengikuti tahapan-tahapan yang ada terlebih dahulu sehingga dapat menghasilkan sebuah instrumen penilaian yang baik dan benar sesuai dengan apa yang diharapkan dan berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, tes, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Ary Noviyani
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:39
Last Modified: 22 Sep 2021 02:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8249

Actions (login required)

View Item View Item