PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR

Wahyuni, Ni Luh Putu Indra (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1711031263-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031263-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031263-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (841kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031263-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031263-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031263-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031263-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031263-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031263-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan video pembelajaran IPA pada tema 9 subtema 1 kelas IV sekolah dasar dengan menggunakan prinsip dynamic drawing. Pengembangan media dalam penelitian ini berpedoman pada prosedur model 4D yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develompent), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain, dan 1 orang ahli media, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan penyebaran instrumen rating scale. Validitas video pembelajaran IPA ditentukan dari hasil uji ahli dan uji coba produk melalui: (1) uji ahli materi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik, (2) uji ahli desain pembelajaran diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori baik, (3) uji ahli media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 96% dengan kategori sangat baik, (4) hasil uji perorangan diperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik, dan (5) hasil uji kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan siswa dan guru dapat memanfaatkan produk pengembangan video pembelajaran IPA secara optimal serta penelitian ini dapat memberikan informasi dan menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang mengembangkan produk sejenis pada muatan pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran, IPA, dynamic drawing, sumber energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Indra Wahyuni
Date Deposited: 04 Oct 2021 03:01
Last Modified: 04 Oct 2021 03:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8294

Actions (login required)

View Item View Item