Pengembangan Buku Panduan Model Konseling Behavioral Untuk Meningkatkan Self Management Siswa SMA

Suastari, Ni Putu Nia (2021) Pengembangan Buku Panduan Model Konseling Behavioral Untuk Meningkatkan Self Management Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711011008-COVER.pdf

Download (968kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011008-ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011008-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keterterimaan buku panduan konseling model behavioral untuk meningkatkan self management siswa SMA. Penelitian ini termasuk pengembangan (Research&Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate) oleh Thiagarajan (1974). Lima orang yang menjadi pakar dan praktisi bimbingan konseling dilibatkan dalam penilaian kelayakan buku panduan yakni para dosen Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha dan guru bimbingan konseling SMA. Dalam penilaian ini menggunakan instrumen yang terdiri dari 22 item yang mengacu pada keterterimaan buku panduan. Metode analisis data yang digunakan adalah Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe (1975). Hasil penelitian dengan acuan minimum ≥0.60 menunjukkan hasil validasi isi sebesar 1 dan CVI 1, berdasarkan hasil tersebut maka buku panduan model konseling behavioral untuk meningkatkan self management siswa SMA yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria keterterimaan sebagai instrument dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling di sekolah. Uji efektivitas buku panduan dilaksanakan pada 10 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banjarangkan dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test. Hasil uji t menemukan nilai signifikansi 0,001 yang berarti penggunaan buku panduan model konseling behavioral efektif untuk meningkatkan self management siswa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Research&Development, Konseling Behavioral, Content Validity Ratio (CVR)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Ni Putu Nia Suastari
Date Deposited: 07 Oct 2021 01:24
Last Modified: 07 Oct 2021 01:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8310

Actions (login required)

View Item View Item