Yulanda, Melia (2021) Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Inovatif Pada Masa Pra Remaja Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711011020-COVER.pdf Download (691kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711011020-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (333kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen yang teruji validitas dan reliabilitasnya sehingga menghasilkan instrumen yang layak untuk mengukur karakter inovatif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D (Four-D) yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu define, design, develop, dan disseminate. Lokasi pengambilan data pada penelitian ini yaitu di SMP Negeri 4 Singaraja. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis simple random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari kelas VII dan VIII. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas isi yang melibatkan 3 ahli dan 2 praktisi diperoleh nilai ∑CVR sebesar 36 dan CVI sebesar 1. Pada hasil validitas empirik menunjukkan 36 butir pernyataan memiliki nilai korelasi diatas rtabel yaitu rhitung > 0,254 maka instrumen pengukuran karakter inovatif telah memenuhi kriteria valid. Hasil pengujian reliabilitas instrumen diperoleh hasil sebesar 0,942 dengan rtabel sebesar 0,349 atau nilai r Alpha = 0,942 > r tabel = 0,349. Dengan demikian instrumen pengukuran karakter inovatif pada masa pra remaja siswa SMP dapat dikatakan reliabel dan memiliki klasifikasi “sangat reliabel” sehingga layak untuk digunakan sebagai alat ukur karakter inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan instrumen, karakter inovatif, pra remaja |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | MELIA YULANDA |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:03 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8318 |
Actions (login required)
View Item |