Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Inovatif Pada Masa Pra Remaja Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Yulanda, Melia (2021) Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Inovatif Pada Masa Pra Remaja Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711011020-COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011020-ABSTRAK.pdf

Download (311kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011020-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen yang teruji validitas dan reliabilitasnya sehingga menghasilkan instrumen yang layak untuk mengukur karakter inovatif siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D (Four-D) yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu define, design, develop, dan disseminate. Lokasi pengambilan data pada penelitian ini yaitu di SMP Negeri 4 Singaraja. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis simple random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari kelas VII dan VIII. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas isi yang melibatkan 3 ahli dan 2 praktisi diperoleh nilai ∑CVR sebesar 36 dan CVI sebesar 1. Pada hasil validitas empirik menunjukkan 36 butir pernyataan memiliki nilai korelasi diatas rtabel yaitu rhitung > 0,254 maka instrumen pengukuran karakter inovatif telah memenuhi kriteria valid. Hasil pengujian reliabilitas instrumen diperoleh hasil sebesar 0,942 dengan rtabel sebesar 0,349 atau nilai r Alpha = 0,942 > r tabel = 0,349. Dengan demikian instrumen pengukuran karakter inovatif pada masa pra remaja siswa SMP dapat dikatakan reliabel dan memiliki klasifikasi “sangat reliabel” sehingga layak untuk digunakan sebagai alat ukur karakter inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, karakter inovatif, pra remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: MELIA YULANDA
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:03
Last Modified: 13 Oct 2021 02:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8318

Actions (login required)

View Item View Item