PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KARAKTER SELF AWARENESS PADA MASA PRA REMAJA SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA

Nurislami, Intan (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KARAKTER SELF AWARENESS PADA MASA PRA REMAJA SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711011029-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011029-ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011029-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur dan menguji kelayakannya sehingga menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel dalam mengukur tingkat self awareness pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan oleh Thiagarajan yaitu four-D: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subyek dalam penelitian pengembangan ini meliputi 5 pakar, yakni 3 dosen bimbingan konseling FIP Undiksha dan 2 Guru Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Pertama. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas isi, uji validitas empiris dan uji reliabilitas. Pada uji validitas isi menggunakan rumus Formula Lawshe (1975), yaitu Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Indeks (CVI) dengan hasil ∑CVR = 37.6 dan CVI 0.94. Untuk uji validitas empiris, diperoleh melalui hasil uji coba instrumen kepada responden sebanyak 64 siswa yang dipilih dengan menggunakan Teknik Random Sampling. Diketahui bahwa hasil uji validitas empiris yaitu rhit > rtab dengan rumus Pearson Product Moment melalui aplikasi SPSS, yang berarti semua butir instrumen memiliki status yang valid atau terpakai. Lalu pada uji reliabilitas, hasil perhitungan menunjukkan koefisien reliabilitas instrumen pengukuran karakter self awareness pada masa pra remaja siswa Sekolah Menengah Pertama di kota singaraja sebesar 0.933, apabila dibandingkan dengan rtab sebesar 0.244 pada taraf signifikansi 0.05% maka rhit ≥ rtab sehingga instrumen dapat dikatakan reliabel. Dengan demikian instrumen ini dapat dinyatakan memenuhi syarat instrumen yang baik, yaitu valid dan reliabel. Produk instrumen ini dapat diaplikasikan oleh guru Bimbingan Konseling kepada siswa-siswi di Sekolah Menegah Pertama dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan program-program untuk meningkatkan self awereness para siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter self awareness, Pra Remaja
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: INTAN NUR ISLAMI
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:31
Last Modified: 13 Oct 2021 02:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8345

Actions (login required)

View Item View Item