Wirawan, I Putu Hendra (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL SUBAK PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041008-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041008-ABSTRAK.pdf Download (534kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (697kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (617kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041008-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Wirawan, I Putu Hendra (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Subak pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Made Gunamantha, ST, M.M., dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. Kata kunci: buku cerita bergambar, kearifan lokal, subak, validitas, kepraktisan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas buku cerita bergambar berkearifan lokal subak dalam tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas 4 SD; 2) kepraktisan buku cerita bergambar berkearifan lokal subak dalam tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas 4 SD; 3) respon siswa terhadap buku cerita bergambar berkearifan lokal Subak dalam tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas 4 SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4D (Define, Design, Develope, dan Disseminate). Data yang dikumpulkan berupa data validitas dan kepraktisan buku cerita. Data validitas diukur dengan uji validitas melibatkan 2 ahli. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Data kepraktisan diukur berdasarkan respon guru dan siswa yang diperoleh dari responden yaitu 3 orang guru dan 23 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil uji validitas ahli, diperoleh rata-rata sebesar 4,91 yang berada pada kategori sangat valid. 2) berdasarkan hasil analisis respon guru diperoleh rata-rata sebesar 4,28 yang berada pada kategori sangat praktis. 3) berdasarkan hasil analisis respon siswa diperoleh persentase 94% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan buku cerita bergambar yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita bergambar, kearifan lokal, subak, validitas, kepraktisan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I PUTU HENDRA WIRAWAN |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 11:32 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 11:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8360 |
Actions (login required)
View Item |