Damayanti, Ni Putu Sri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA TOPIK BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031292-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031292-ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031292-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031292-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031292-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031292-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031292-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031292-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031292-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan media pop-up book pada topik bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya yang teruji validitasnya. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada masalah keterbatasan keberadaan media dalam pembelajaran yang mengakibatkan proses pembelajaran menjadi terkesan monoton dan kurang menarik. Penelitian menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan diantaranya analyze, design, development, implementation dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dan instrumen yang digunakan adalah rating scale atau skala lima dalam bentuk lembaran penilaian validitas media. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus mean untuk mendapatkan skor rata-rata validitas media pop-up book. Subjek penelitian ini adalah 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 2 orang ahli praktisi dan 6 orang siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media pop-up book. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesimpulan, yaitu, hasil skor rata-rata uji ahli materi 4,65 dengan kualifikasi sangat baik, hasil skor rata-rata uji ahli media 4,25 dengan kualifikasi sangat baik, hasil skor rata-rata uji ahli praktisi 4,8 dengan kualifikasi sangat baik dan skor hasil uji perorangan 4.6 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, media pop-up book pada topik bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dapat dinyatakan valid dan dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pop-up book, bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sri Damayanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:14 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8369 |
Actions (login required)
View Item |