Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII A Di MTs Al-Khairiyah Tegalinggah

Febriyandy, Moh. (2021) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII A Di MTs Al-Khairiyah Tegalinggah. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714041029-COVER.pdf

Download (885kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714041029-ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1714041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (691kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714041029-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII A MTs Al-khairiyah Tegalinggah, 2) Hambatan dalam penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PPKn, dan 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII A MTs Al-khairiyah Tegalinggah. Lokasi penelitian ini adalah di kelas VII A MTs Al-khairiyah Tegalinggah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PPKn berjalan cukup baik menggunakan pendekatan-pendekatan: Penanaman nilai dengan keteladanan, penguatan fanisment. Seperti guru selalu datang tepat waktu, bertutur kata yang baik, dan berpakaian rapi, sesekali memberikan pujian, dan memberikan teguran; Pendekatan moral kognitif dilakukan dengan melakukan diskusi kelompok dilema moral, seperti berdiskusi cara-cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab; Pendekatan klarifikasi nilai dengan cara simulasi seperti mensimulasikan musyawarah; Pendekatan pembelajaran berbuat (tindakan) dengan cara himbauan dan pembiasaan.2) Hambatan dalam penanaman nilai karakter seperti dimana guru memprioritaskan penyelesaian materi tanpa memperhatikan aspek penanaman nilai-nilai karakter. 3) Upaya yang sudah dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan tugas yang merangsang penanaman nilai-nilai karakter, seperti mengajak siswa diskusi mengenai kebebasan mengemukakan pendapat; mengajak siswa menciptakan kelas yang nyaman dan kondusif. Kata kunci: Penanaman, Nilai-nilai karakter, PPKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-nilai karakter, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: MOH. FEBRIYANDY
Date Deposited: 18 Oct 2021 09:57
Last Modified: 18 Oct 2021 09:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8381

Actions (login required)

View Item View Item