Febriyandy, Moh. (2021) Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII A Di MTs Al-Khairiyah Tegalinggah. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714041029-COVER.pdf Download (885kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714041029-ABSTRAK.pdf Download (451kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1714041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (691kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714041029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714041029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714041029-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII A MTs Al-khairiyah Tegalinggah, 2) Hambatan dalam penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PPKn, dan 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII A MTs Al-khairiyah Tegalinggah. Lokasi penelitian ini adalah di kelas VII A MTs Al-khairiyah Tegalinggah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PPKn berjalan cukup baik menggunakan pendekatan-pendekatan: Penanaman nilai dengan keteladanan, penguatan fanisment. Seperti guru selalu datang tepat waktu, bertutur kata yang baik, dan berpakaian rapi, sesekali memberikan pujian, dan memberikan teguran; Pendekatan moral kognitif dilakukan dengan melakukan diskusi kelompok dilema moral, seperti berdiskusi cara-cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab; Pendekatan klarifikasi nilai dengan cara simulasi seperti mensimulasikan musyawarah; Pendekatan pembelajaran berbuat (tindakan) dengan cara himbauan dan pembiasaan.2) Hambatan dalam penanaman nilai karakter seperti dimana guru memprioritaskan penyelesaian materi tanpa memperhatikan aspek penanaman nilai-nilai karakter. 3) Upaya yang sudah dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah memberikan tugas yang merangsang penanaman nilai-nilai karakter, seperti mengajak siswa diskusi mengenai kebebasan mengemukakan pendapat; mengajak siswa menciptakan kelas yang nyaman dan kondusif. Kata kunci: Penanaman, Nilai-nilai karakter, PPKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman, Nilai-nilai karakter, PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | MOH. FEBRIYANDY |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 09:57 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 09:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8381 |
Actions (login required)
View Item |