Dewi, Ni Luh Ade Junia Candra (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Sparkol Videoscribe Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD Negeri 1 Manistutu. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031061-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031061-ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031061-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031061-LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan prototype, dan menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis sparkol videoscribe pada tema peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD Negeri 1 Manistutu yang telah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Subjek uji coba penelitian pengembangan ini yaitu 2 orang desain ahli isi mata pelajaran, 2 orang dosen ahli desain pembelajaran , 2 orang dosesn ahli media, dan 1 orang guru kelas IV sertA 9 orang siswa dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner.. Data dianalisis mengunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil rata-rata skor dari ahli materi diperoleh sebesar 3,89 dengan kualifikasi sangat baik, hasil rata-rata skor ahli media pembelajaran diperoleh sebesar 3,80 dengan kualifikasi sangat baik, dan rata-rata skor dari ahli desain media pembelajaran diperoleh sebesar 3,93 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian guru diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,88 dengan kualifikasi sangat baik, dengan nilai rata-rata skor dari aspek materi sebesar 3,86 dengan kualifikasi sangat baik, nilai media rata-rata sebesar 3,88 dengan kualifikasi sangat baik dan dari aspek desain pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 3,89 dengan kualifikasi sangat baik. Hasi uji coba perorangan, diperoleh rata sebesar 3,61 dengan kualifikasi sangat baik dan skor rata-rata untuk kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 3,64 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis uji validitas oleh ahli dan guru, media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada topik ekosistem kelas V sekolah dasar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, sparkol videoscribe, peduli terhadap makhluk hidup. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Ade Junia Candra Dewi |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 02:49 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8471 |
Actions (login required)
View Item |