Dikta, Putu Gede Asnawa (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Tri Hita Karana pada Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041012-COVER.pdf Download (269kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041012-ABSTRAK.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041012-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan: 1) lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang valid; 2) lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu Analyze (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data dianalisis dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) untuk validitas expert, Product Moment untuk validitas empirik, dan Mean untuk kepraktisan. Validitas diukur dengan menggunakan uji expert sebanyak lima orang yang terdiri dari tiga orang dosen expert dan dua orang guru sebagai praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dikategorikan valid dengan nilai CVR 1 dan nilai CVI 1. Validitas empirik lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dinilai oleh sepuluh orang guru kelas V SD sebagai praktisi. Uji validitas empirik menunjukkan hasil valid melalui analisis korelasi product moment melalui bantuan SPSS versi 25, nilai tiap butir pernyataan rhitung ≥ rtabel (0,632 untuk signifikansi 5%). Hasil uji kepraktisan dinilai oleh enam puluh orang peserta didik kelas V SD. Hasil uji kepraktisan menunjukkan lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dikategorikan sangat praktis dengan nilai mean 169,57. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Tri Hita Karana, IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Putu Gede Asnawa Dikta |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 02:37 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8543 |
Actions (login required)
View Item |