Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Tri Hita Karana pada Kelas V Sekolah Dasar

Dikta, Putu Gede Asnawa (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Tri Hita Karana pada Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041012-COVER.pdf

Download (269kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041012-ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041012-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan: 1) lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang valid; 2) lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu Analyze (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data dianalisis dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) untuk validitas expert, Product Moment untuk validitas empirik, dan Mean untuk kepraktisan. Validitas diukur dengan menggunakan uji expert sebanyak lima orang yang terdiri dari tiga orang dosen expert dan dua orang guru sebagai praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dikategorikan valid dengan nilai CVR 1 dan nilai CVI 1. Validitas empirik lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dinilai oleh sepuluh orang guru kelas V SD sebagai praktisi. Uji validitas empirik menunjukkan hasil valid melalui analisis korelasi product moment melalui bantuan SPSS versi 25, nilai tiap butir pernyataan rhitung ≥ rtabel (0,632 untuk signifikansi 5%). Hasil uji kepraktisan dinilai oleh enam puluh orang peserta didik kelas V SD. Hasil uji kepraktisan menunjukkan lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana dikategorikan sangat praktis dengan nilai mean 169,57. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik IPA berorientasi Tri Hita Karana yang valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Tri Hita Karana, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Gede Asnawa Dikta
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:37
Last Modified: 15 Oct 2021 02:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8543

Actions (login required)

View Item View Item