Suryani, Kade Ega (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Video Pembuktian Hipotesis Untuk Mendukung Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713031021-COVER.pdf Download (533kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713031021-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713031021-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan karakteristik modul pembelajaran berbantuan video pembuktian hipotesis untuk mendukung inkuiri terbimbing pada pokok bahasan larutan penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) mengikuti model penelitian dan pengembangan Luther, yang meliputi tahap concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi dokumentasi, pedoman wawancara, soal pengetahuan awal terkait materi prasyarat larutan penyangga, lembar penilaian validasi, dan uji keterbacaan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis modus serta rasional. Karakteristik modul pembelajaran berbantuan video pembuktian hipotesis pada pokok bahasan larutan penyangga adalah sinergis dan konsisten menerapkan inkuiri terbimbing dengan mengakomodasi langkah-langkah pendekatan saintifik 5M (mengamati, menanya, mengmoulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasi) dengan pola induktif. Sebagian besar aspek pembelajaran dalam setiap produk pembelajaran yang dikembangkan mendapat rata-rata penilaian dengan kategori baik dari ahli dan praktisi sebagai validator. Validasi dari para ahli menghasilkan skor dari aspek materi dengan proporsi 93,05%, aspek bahasa dengan proporsi 97,91%, aspek media dengan proporsi 81,42%, dan aspek pembelajaran oleh praktisi dengan proporsi 91,25%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbantuan video pembuktian hipotesis memenuhi kriteria valid. Hasil uji keterbacaan juga menunjukkan tingkat keterbacaan siswa terhadap produk pembelajaran (modul pembelajaran berbantuan video pembuktian hipotesis) berada dalam kategori baik. Dengan demikian produk pembelajaran berupa modul pembelajaran berbantuan video pembuktian hipotesis pada pokok bahasan larutan penyangga dengan pola induktif untuk mendukung inkuiri terbimbing memiliki validitas yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran, Video pembuktian hipotesis, Inkuiri terbimbing, Pendekatan saintifik, Larutan penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | KADEK EGA SURYANI |
Date Deposited: | 17 Oct 2021 07:14 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8547 |
Actions (login required)
View Item |