PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Soleh, Iin Widiasari (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071023-COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071023-ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071023-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA terpadu berbasis project based learning dengan tema “cegah pemanasan global” yang valid, praktis, dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang hanya dilakukan sampai tahap Develop. Subjek dalam penelitian ini meliputi subjek uji validitas yang terdiri dari 1 orang ahli isi dan 1 orang ahli media. Uji kepraktisan terdiri dari 5 orang guru IPA dan 5 orang siswa. Uji efektivitas melibatkan 20 orang siswa kelas VII.8. Pelaksanaan uji kepraktisan dan uji efektivitas dilaksanakan di SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2020/2021. Pada uji efektivitas dilaksanakan secara terbatas dengan menggunakan desain One-Shot Case Study. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan angket gabungan (pada uji validitas dan uji kepraktisan) dan tes hasil belajar (pada uji efektivitas). Hasil penelitian menunjukan: 1) Modul IPA terpadu berbasis project based learning dengan tema Cegah Pemanasan Global memiliki karakteristik modul yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek yang dikemas dalam bentuk media cetak 2) Modul dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi dan ahli media dengan peroleh nilai rata-rata secara berturut-turut sebesar 82,77 dan 77,5. 3) Hasil penilaian kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata sebesar 85,72 dan 88,33 serta uji keterlaksanaan oleh guru dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 89,17. 4) Modul dinyatakan efektif dengan hasil nilai rata-rata skor posttest siswa sebesar 75,25 dan telah melebihi KKM sebesar 75. Modul dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul, project based learning, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: IIN WIDIASARI SOLEH
Date Deposited: 19 Oct 2021 00:35
Last Modified: 19 Oct 2021 00:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8566

Actions (login required)

View Item View Item