PENGEMBANGAN SKALA KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Triatmojo, Danang (2021) PENGEMBANGAN SKALA KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1411011006-COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1411011006-ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1411011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1411011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1411011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1411011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1411011006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1411011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1411011006-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK dan bertujuan (1) untuk mengetahui validitas isi instrumen kemandirian belajar pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Penelititan ini menggunakan penelitian pengembangan dan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus (CVR) content validity ratio dan CVI (Content validity index). Subjek dalam penelitian ini adalalah guru dan dosen. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara yang bersifat pernyataan dengan jumlah butir pernyataan 30. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validitas CVR menunjukan bahwa dari 30 soal yang telah divalidasi oleh 5 pakar penguji menunjukkan bahwa butir-butir tersebut mendukung validitas instrument dan penelitian ini membuktikan bahwa skala kemandirian belajar yang telah dikembangkan diharapkan dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur kemandirian belajar oleh guru bimbingan konseling disekolah sebagai halnya yang telah direncanakan terutama dalam kepentingan penelitian. Implikasi hasil pengembangan untuk (1) bagi guru BK sebagai upaya mengukur sisiwa dalam mengatasi masalah-masalah sosialnya baik di sekolah maupun di lingkungannya yang lain; (2) bagi layanan BK semoga kedepannya bisa lebih baik dan maksimal guna melayani dan memfasilitasi siswa dalam menyelesaikan permasalahan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Skala, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Danang Triatmojo
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:40
Last Modified: 18 Oct 2021 02:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8599

Actions (login required)

View Item View Item