PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC PADA TOPIK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Udayani, Ni Komang Restu Tri Krisnanti (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC PADA TOPIK SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031229-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031229-ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031229-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031229-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031229-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031229-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031229-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031229-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031229-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-comic dengan topik alat pencernaan manusia kelas V SD tahun 2020/2021. Penelitian ini menjadi tercapainya penggunaan model ADDIE dengan tahapan, yaitu (3) perbaikan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, karena adanya pandemi COVID-19, keterbatasan waktu, sumber daya dan biaya, pelaksanaan dan rentang penilaian tidak dapat dilaksanakan. E-comic tentang materi alat pencernaan manusia kelas V fakultas esensial tahun 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah validitas media pendidikan E-comicola cerlas, yang dikembangkan untuk tingkat yang lebih tinggi dari E-comicola 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode skala penilaian, angket, wawancara, dan observasi. Untuk mengukur validitas media bag, alat rating scale yang digunakan adalah lembar penilaian validitas media yang diisi oleh dua dosen, satu dosen sebagai tenaga profesional, dan tanggapan mahasiswa dengan penilaian individual. kelompok kecil. metode cara untuk mengetahui skor umum validitas media. kemudian menganalisis penggunaan komponen indeks validasi Aiken untuk memutuskan validasi umum media E-comic. Validitas media penguasaan E-comic berlaku pada, sewa dalam indeks 0 sewa 8 dengan kualifikasi "validasi berlebihan". tanggapan terhadap media pembelajaran E-comic mendapat persentase 89,78% berada pada rentang presentase 75–89 dengan kualifikasi “baik”. Respon siswa terhadap media pembelajaran E-comic yaitu perorangan mendapat persentase respon dari siswa yaitu 95,8% berada pada rentang presentase 90–100 dengan kualifikasi “sangat baik” dan respon kelompok kecil memperoleh persentase respon dari siswa yaitu 93,3% berada pada rentang presentase 90–100 dengan kualifikasi “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran E-comic, sistem pencernaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Restu Tri Krisnanti Udayani
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:42
Last Modified: 18 Oct 2021 02:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8646

Actions (login required)

View Item View Item