Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Gender/Jenis Kelamin

Kurniawati, Ni Made Dewi (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Gender/Jenis Kelamin. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071014-COVER.pdf

Download (398kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071014-ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071014-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071014-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071014-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawati, Ni Made Dewi (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Gender/Jenis Kelamin Program Studi S2 Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Nyoman Suardana, M.Si. dan Pembimbing II: Dr. A. A. Istri Agung Rai Sudiatmika, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA, Gender Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran konvensional (2) pengaruh gender terhadap hasil belajar IPA (3) pengaruh interaktif hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran konvensional ditinjau gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental (Eksperimen Semu), desainnya pretest posttest nonequivalent control group desain dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2021 dengan jumlah siswa 400 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu menggunakan empat kelas sebagai sampel, dengan menetapkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan dua kelas sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 80 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes. Tes dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Data dianalisis dengan menggunakan desain analisis faktorial 2×2 dengan uji Anacova Dua Jalur. Dalam penelitian ini ada 4 variabel yaitu variabel bebas, variabel terikat, variabel moderator, variabel kovariat. Variabel bebas adalah model pembelajaran yaitu inkuiri terbimbing (A1) sebagai variabel eksperimen dan model pembelajaran konvensional sebagai variabel kontrol (A2). Perbedaan gender siswa laki-laki dan siswa perempuan (B) sebagai variabel moderator yang dapat mempengaruhi variabel terikat. Variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Variabel kovariat adalah hasil pengetahuan awal siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelompok model pembelajaran dengan nilai statistic F = 130, 35 dan nilai signifikan sebesar 0, 00 (2) terdapat interaksi gender terhadap hasil belajar IPA dengan nilai statistic F= 11,714 nilai signifikan sebesar 0, 00 dan (3) terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar IPA dengan nilai statistic F = 4, 88 dan nilai signifikan sebesar 0, 03. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA, Gender
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Made Dewi Kurniawati
Date Deposited: 20 Oct 2021 00:20
Last Modified: 20 Oct 2021 00:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8655

Actions (login required)

View Item View Item