PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 DI SD NEGERI 2 TUKADAYA KECAMATAN MELAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Paramita, Ni Putu Priska (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 DI SD NEGERI 2 TUKADAYA KECAMATAN MELAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031017-COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031017-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031017-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesulitan dalam menentukan instrumen yang tepat untuk menilai hasil belajar siswa, dan orientasi pembelajaran yang dilakukan masih berada pada level berpikir tingkat rendah merupakan salah satu factor kurang optimalnya hasil belajar siswa. Hal ini mendorong perlunya pengembangan khususnya instrument penilaian hasil belajar peserta didik. Pengembangan instrument penilaian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di SD negeri 2 Tukadya. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perencangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Akan tetapi dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan, mengingat kondisi yang tidak memungkingkan. Penelitian ini melalui tahap uji validitas ahli, uji validitas butir, realiabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, respon praktisi dan respon guru. Hasil penelitian terhadap uji validitas ahli sebesar 0.92 dengan kategori sangat tinggi, uji validitas butir menunjukkan taraf signifikansi 5% sehingga 23 butir soal yang dinyatakan valid dan 2 butir soal dinyatakan tidak valid. Uji realiabilitas diperoleh 0,361 yang menunjukkan instrumen yang diuji cobakan memiliki konsistensi jawaban atau reliabilitas yang Sangat Tinggi. Analisis respon praktisi rata-rata skor keseluruhan yaitu 3,58 dengan katagori “Sangat Baik”. Analisis respon siswa diperleh skor rata-rata 3,54 dengan katagori “Sangat Baik”. Analisis daya beda 20 butir soal katagori “Sangat Baik” dan 3 butir soal “Baik”. Analisis tingkat kesukaran 11 butir soal katagori “Sedang” dan 12 butir soal katagori “Sukar”.Hal ini menunjukkan bahwa instrument penilaian hasil belajar IPA yang dikembangkan valid, reliabel, dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, tes, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Priska Paramita
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:03
Last Modified: 18 Oct 2021 03:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8709

Actions (login required)

View Item View Item