Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran IPA Dengan Topik Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Untuk Siswa Kelas IV SD

Wiratni, Ni Luh Gede (2021) Pengembangan Media Kartu Domino Pada Pembelajaran IPA Dengan Topik Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku Untuk Siswa Kelas IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041010-COVER.pdf

Download (302kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041010-ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041010-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) validitas hasil pengembangan media kartu domino (2) untuk kepraktisan penggunaan media kartu domino, dan (3) untuk efektivitas media kartu domino dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, kuesioner, tes, dan pencatatan dokumen. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini data validitas dikumpulkan dengan kuesioner, data kepraktisan dikumpulkan dengan kuesioner dan data efektivitas dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu domino dinyatakan valid oleh ahli isi mata pelajaran dengan kriteria sangat baik (92%), ahli media pembelajaran dengan kriteria sangat baik (90%), uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat baik (92%), dan uji coba lapangan dengan kriteria sangat baik (93%). Kepraktisan media kartu domino yang diperoleh dari skor rata-rata respon guru sebesar 4,53 dengan kategori sangat tinggi dan skor rata-rata dari respon siswa sebesar 4,56 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai rata-rata pretest 53,52 < hasil rata-rata posttest 83,69 dan dapat dikatakan bahwa media kartu domino efektif karena adanya peningkatan skor hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Domino, Pembelajaran IPA, Validitas, Kepraktisan, Keefektifan
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NI LUH GEDE WIRATNI
Date Deposited: 19 Oct 2021 05:02
Last Modified: 19 Oct 2021 05:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8781

Actions (login required)

View Item View Item