indrapebriani, niputu (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 8 KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1929041021-COVER.pdf Download (484kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041021-ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (281kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041021-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
ABSTRAK Pebriani, Ni Putu Indra (2021), Pengembangan E-LKPD Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA Tema 8 Kelas V SD. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I : Prof.Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd Kata kunci: E-LKPD, HOTS, pendekatan saintifik, IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA Tema 8 Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Namun, karena pandemi covid 19 maka pengembangan hanya pada tahap implementation uji terbatas saja. Subjek pengembangan ini adalah 3 ahli (materi, desain pembelajaran dan media), 7 orang guru dan 10 orang siswa kelas V. Data dari ahli digunakan untuk menguji validasi E-LKPD dan data dari siswa dan guru untuk menguji kepraktisan LKPD. Instrumen penelitian mencakup lembar penilaian media, desain pembelajaran, media dan kuesioner kepraktisan untuk guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan 1) E-LKPD memiliki karakteristik khusus yang dapat dilihat dari komponen, tampilan, materi, aktivitas pembelajaran dan sistem penilaiannya, 2) E-LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan secara umum terkategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,87 dan 3) E-LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan terkategori sangat praktis bagi guru dengan nilai rata-rata 3,85 dan bagi siswa terkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,86.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, HOTS, pendekatan saintifik, IPA |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Indra Pebriani |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 21:51 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 21:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8790 |
Actions (login required)
View Item |