PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MUATAN IPA TOPIK PERUBAHAN ENERGI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Handayani, Ni Luh Putu Ayu Evi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MUATAN IPA TOPIK PERUBAHAN ENERGI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031041-COVER.pdf

Download (917kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031041-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031041-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran pada muatan IPA topik Perubahan Energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid. Pengembangan media video pembelajaran pada penelitian ini berpedoman pada prosedur ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, karena keterbatasan waktu, finansial, tenaga, dan sumber daya maka tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dilaksanakan. Subjek pada penelitian ini adalah media video pembelajaran pada muatan IPA topik Perubahan Energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada dua orang dosen ahli media, dua orang dosen ahli materi IPA, dan dua orang guru kelas IV SD. Data hasil validasi dari para ahli kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas media video pembelajaran IPA. Rata-rata skor validitas media video pembelajaran IPA dari segi ahli materi sebesar 4,75 dengan kualifikasi sangat baik, dari segi ahli media sebesar 4,65 dengan kualifikasi sangat baik, dan dari segi praktisi sebesar 4,5 dengan kualifikasi sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran pada muatan IPA topik Perubahan Energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media video pembelajaran, IPA, Perubahan Energi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Ayu Evi Handayani
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:15
Last Modified: 19 Oct 2021 08:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8830

Actions (login required)

View Item View Item