Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar dan Berinovasi (4C) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD

Dewi, Ni Luh Rika Apria (2021) Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar dan Berinovasi (4C) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041035-COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041035-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1929041035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1929041035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1929041035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1929041035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041035-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewi, Ni Luh Rika Apria (2021), Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar dan Berinovasi (4C) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Tesis. Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd dan Pembimbing II : Dr. I Ketut Gading, M.Psi Kata kunci: instrumen asesmen, keterampilan belajar dan berinovasi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) pada mata pelajaran IPA Kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Data yang dikumpulkan berupa data tentang relevansi indikator dengan variabel dan relevansi item dengan indikator serta kepraktisan instrument asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C). Data tentang relevansi indikator dengan variabel dan relevansi item dengan idikator diperoleh dari 2 orang ahli. Data kepraktisan diperoleh dari 3 praktisi yang berasal dari guru kelas V SD. Data dianalisis dengan formula Gregory. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) terlihat pada komponen, bentuk,tampilan dan materi tes yang digunakan. 2) Nilai rata-rata CV sebesar 1 yang berarti nilai validitas sangat tinggi. 3) Nilai rata-rata kepraktisan instrument adalah 4,83 yang terkategori sangat praktis. Dengan demikian, produk yang berupa instrumen asesmen keterampilan belajar dan berinovasi (4C) pada pembelajaran IPA kelas V SD layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen asesmen, keterampilan belajar dan berinovasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: NI LUH RIKA APRIA DEWI
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:45
Last Modified: 19 Oct 2021 06:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8866

Actions (login required)

View Item View Item