Srimegawati, Made (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN BAGI SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041015-COVER.pdf Download (382kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041015-ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041015-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Megawati, Ni Made Sri. 2021. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Menanamkan Nilai Karakter Disiplin Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Tesis. Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah diperiksa dan disetujui oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Ketut Gading, M.Psi Kata-kata kunci: buku cerita bergambar, penanaman karakter, disiplin Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar untuk menanamkan nilai karakter disiplin bagi siswa kelas 1 sekolah dasar yang acceptability. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model ADDIE. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa acceptability (keberterimaan) yang meliputi utility (kegunaan), feasibility (kelayakan), dan accuracy (ketepatan) penggunaan dari produk yang dikembangkan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan angket. Wawancara dilakukan kepada guru, sedangkan angket diberikan kepada ahli. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji keberterimaan (acceptability) dapat dijabarkan sebagai berikut. a) Hasil uji utility sebesar 95,00% berada pada rentang 81%-100%. Ini berati bahwa buku cerita bergambar memiliki nilai utility sangat baik; b) Rata-rata persentase hasil uji feasibility sebesar 93,00% berada pada rentang 81%-100%. Ini berati bahwa buku cerita bergambar memiliki nilai feasibility sangat baik; dan c) Rata-rata persentase hasil uji accuracy sebesar 97,00% berada pada rentang 81%-100%. Ini berati bahwa buku cerita bergambar memiliki nilai accuracy sangat baik. Berdasarkan hasil uji acceptability yang meliputi yaitu kegunaaan (utility), kelayakan (feasibility), dan ketepatan (accuracy) berada pada kategori sangat baik. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan buku cerita bergambar untuk menanmkan karakter disiplin bagi siswa kelas 1 sekolah dasar yang acceptability.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita bergambar, penanaman karakter, disiplin |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Made Sri Megawati |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8913 |
Actions (login required)
View Item |