Agus Pramana, Putu Andi (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041040-COVER.pdf Download (456kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041040-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041040-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian Pengembangan Instrumen Sikap Peduli dan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa kelas IV SD. Penelitian ini memiliki 4 tujuan yaitu : 1) Untuk mengetahui validitas instrumen sikap peduli siswa kelas IV SD. 2) Untuk mengetahui validitas instrumen kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. 3) Untuk mengetahui reliabilitas instrumen sikap peduli siswa kelas IV SD.4) Untuk mengetahui validitas instrumen kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, kuisioner dan tes serta nantinya data dianalisis dengan metode CVI (Content Validity Index), CVR (Content Validity Ratio), r11, KR 20, Pearson-Product Moment dan Alpha Croncbach. Dalam penelitian Pengembangan Instrumen Sikap Peduli dan Kompetensi Pengetahuan IPA untuk Siswa kelas IV SD ini dilakukan sampai tahap evaluation. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil validasi instrumen sikap pedulisiswa berada pada kategori “Valid” dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 40 soal. 2) Hasil validasi instrumen kompetensi pengetahuan IPA berada pada kategori “Valid” dengan jumlah butir pertanyaan sebanyak 40 soal. 3) Hasil reliabilitas instrumen sikap peduli berada pada kategori “Tinggi” dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0,80. 4) Hasil reliabilitas instrumen kompetensi pengetahuan IPA berada pada kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai r adalah 0,82. 5) Hasil analisis Anates dan SPSS menunjukkan bahwa 34 soal kompetensi pengetahuan IPA (85%) terkategorisasi valid dan 24 pernyataan kuisioner sikap peduli (60%) terkategorisasi valid Selanjutnya, hasil perhitungan reliabilitas instrumen soal kompetensi pengetahuan IPA siswa diperoleh sebesar 0,92 dan reliabilitas instrumen sikap peduli diperoleh sebesar 0.751 sehingga instrumen soal kompetensi pengetahuan IPA dan kuisioner sikap peduli dinyatakan reliable. Kata Kunci: Sikap Peduli, Kompetensi Pengetahuan IPA, Instrumen
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Peduli, Kompetensi Pengetahuan IPA, Instrumen |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Putu Andi Agus Pramana |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 07:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8915 |
Actions (login required)
View Item |