Apriliana, Nada (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031355-COVER.pdf Download (613kB) |
|
Text (ABSRAK)
1511031355-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031355-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031355-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 PENELITIAN)
1511031355-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1511031355-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031355-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1511031355-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031355-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa Kelas V SD N Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu post-test only control group design. Populasi ini adalah siswa kelas V SD N di Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 119 siswa. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik random sampling dan diperoleh 2 sekolah yaitu SD N 1 Bungaya yang berjumlah 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD N 2 Bungaya Kangin yang berjumlah 18 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen tes yang digunakan untuk mengukur kompetensi pengetahuan PKn siswa adalah tes pilihan ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi pengetahuan PKn kelompok eksperimen tergolong sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 84,69, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh bahwa kompetensi pengetahuan PKn tergolong tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 73,11. Hasil uji hipotesis nilai kompetensi pengetahuan PKn siswa pada taraf signifikansi 5 % menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (25,73 > 2,021). Ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa Kelas V SD N Gugus III Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci : Snowball Throwing, audio visual, PKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Snowball throwing, audio visual, PKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nada Apriliana |
Date Deposited: | 28 Oct 2019 02:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2019 02:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/893 |
Actions (login required)
View Item |