PENGEMBANGAN CONTENT PEMBELAJARAN BERORIENTASI DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA

Jahara Syalabi, Afina (2021) PENGEMBANGAN CONTENT PEMBELAJARAN BERORIENTASI DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051004-COVER.pdf

Download (863kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051004-ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051004-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran e-learning, serta mengetahui bagaimana respons guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran e-learning dengan model discovery learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R & D). Adapun tahapan dari model pengembangan ADDIE yaitu, analyze, design, development, implementation, evaluasion. Penelitian ini dilakukan di kelas X A 5 SMK Negeri 2 Singaraja dengan jumlah 10 peserta didik. Dalam pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa instrument di antaranya yaitu angket validasi ahli isi, dan validasi ahli media-desain pembelajaran, angket uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan, serta angket respons guru dan peserta didik. Hasil dari uji kevalidan media pembelajaran e-learning yang dihitung dari hasil validasi ahli yaitu ahli isi, desain pembelajaran, dan media mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil rata-rata dari respons guru mendapatkan skor sebesar 47 dan untuk hasil rata-rata respons peserta didik medapatkan rata-rata sebesar 60,3 dengan kriteria sangat praktis. Simpulan dari penelitian ini yaitu media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan dan kepraktisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Media E-Learning, Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Afina Jahara Syalabi
Date Deposited: 21 Oct 2021 00:44
Last Modified: 21 Oct 2021 00:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8947

Actions (login required)

View Item View Item