Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Untuk Mendukung Pelaksanaan Asynchronous Learning Pada Siswa Kelas VII SMP

Susilo, Rino (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Untuk Mendukung Pelaksanaan Asynchronous Learning Pada Siswa Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011052-COVER.pdf

Download (306kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011052-ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011052-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011052-LAMPIRAN.pdf

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang layak berupa video pembelajaran matematika materi Himpunan untuk kelas VII SMP yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa saat pembelajaran daring dengan metode Asynchronous Learning. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau istilah yang sering dipakai adalah Research & Development (R & D) dengan melakukan tahapan pengembangan model 4D yang terdiri dari tahapan-tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar penilaian atau angket penilaian media pembelajaran untuk Ahli Materi dan Ahli Media yang masing-masing terdiri dari 3 orang Ahli Materi dan 2 orang sebagai Ahli Media. Analisis data kualitatif berupa kritik dan saran dari ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan penghitungan oleh para Ahli Materi dan Ahli Media, hasil penilaian materi pertama pada media video pembelajaran oleh Ahli Materi 1 memperoleh rerata total skor 3,6 presentase 90%, penilaian materi kedua dari Ahli Media 2 memperoleh rerata total skor sebesar 3,6 presentase 90%, penilaian materi ketiga dari Ahli Materi 3 diperoleh rerata total skor 3,2 presentase 80%. Keseluruhan ketegori penilaian materi media video pembelajaran dari para Ahli Media memiliki kategori sangat baik. Kemudian untuk penilaian media pertama dari media video pembelajaran oleh Ahli Media 1 memperoleh rerata total skor 3,8 presentase 95% dan untuk penilaian media kedua oleh Ahli Media 2 mendapatkan rerata total skor 3,6 presentase 90. Secara keseluruhan penilaian media dari para Ahli Media memiliki kategori Sangat Baik. Dapat disimpulkan bahwa untuk penilaian keseluruhan jumlah rerata skor penilaian para Ahli Materi dan Ahli Media video pembelajaran materi Himpunan kelas VII SMP tersebut memiliki total rerata skor 3,57 dengan presentase 89% berkategorikan Sangat Baik. Sehingga media video pembelajaran materi Himpunan untuk kelas VII SMP tersebut dapat dinyatakan layak digunakan untuk media bantu dalam proses kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Video Pembelajaran, Asynchronous Learning, model 4D.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: RINO SUSILO
Date Deposited: 21 Oct 2021 09:04
Last Modified: 21 Oct 2021 09:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item