PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN

Astari, Ni Kade Ayu Dwi (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011065-COVER.pdf

Download (841kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011065-ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011065-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari modul pembelajaran matematika dengan metode inkuiri untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII pada Materi Perbandingan. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian pengembangan modul pembelajaran matematika ini menggunakan pendekatan model 4-D atau Four-D Models yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). namun hanya digunakan sampai tahap ke tiga, yaitu tahap pengembangan (Develop) karena terbatasnya waktu, biaya dan kemampuan yang dimiliki peneliti. Pengujian produk pengembangan terfokus pada uji validitas yang dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media dan diuji cobakan secara terbatas pada 5 orang siswa. Hasil analisis penelitian ini menunjukan rata-rata skor ahli materi sebesar 4,35 dan rata-rata skor ahli media sebesar 4,23 dengan kriteria sangat layak. Dengan memenuhi kriteria layak, modul pembelajaran matematika dengan metode inkuiri layak dilanjutkan ke tahap uji kepraktisan dan keefektifan. Kata kunci: modul, inquiri, perbandingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul, inquiri, perbandingan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: NI KADE AYU DWI ASTARI
Date Deposited: 21 Oct 2021 09:31
Last Modified: 21 Oct 2021 09:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9009

Actions (login required)

View Item View Item