Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAPPS berbantuan Masalah Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Woha

Wahyuningsih, Sastri (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAPPS berbantuan Masalah Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Woha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011124-COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011124-ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011124-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011124-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011124-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan masalah kontekstual lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Woha semester I tahun ajaran 2020/2021. Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Woha dibagi menjadi 4 kelas sehingga yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1, VIII 2, VIII 3 dan VIII 4. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes uraian. Selanjutnya skor tes prestasi belajar matematika siswa dianalisis menggunakan uji t-test satu ekor pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 2,25905, sedangkan dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01290, sehingga H0 ditolak. Nilai statistik ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan masalah kotekstual lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran thinking aloud pair problem solving berbantuan masalah kontekstual berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci : model TAPPS, masalah kontekstual, prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model TAPPS, Masalah Kontekstual, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sastri Wahyuningsih
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:06
Last Modified: 22 Oct 2021 01:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item