Wahyuningsih, Sastri (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAPPS berbantuan Masalah Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Woha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011124-COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011124-ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (268kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011124-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011124-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011124-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan masalah kontekstual lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Woha semester I tahun ajaran 2020/2021. Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Woha dibagi menjadi 4 kelas sehingga yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1, VIII 2, VIII 3 dan VIII 4. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Data prestasi belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes uraian. Selanjutnya skor tes prestasi belajar matematika siswa dianalisis menggunakan uji t-test satu ekor pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 2,25905, sedangkan dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,01290, sehingga H0 ditolak. Nilai statistik ini berarti bahwa prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbantuan masalah kotekstual lebih baik daripada prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran thinking aloud pair problem solving berbantuan masalah kontekstual berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Kata kunci : model TAPPS, masalah kontekstual, prestasi belajar matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model TAPPS, Masalah Kontekstual, Prestasi Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Sastri Wahyuningsih |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9022 |
Actions (login required)
View Item |