Puspitasari, Mia Anggun (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DRAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 TEGALDLIMO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011005-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011005-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011005-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011005-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Multimedia Interaktif untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi Drama kelas XI SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Multimedia interaktif ini merupakan gabungan dari berbagai komponen multimedia yaitu teks, gambar, video, animasi, audio dan tombol interaktif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Setelah mencapai tahap pengembangan (development), produk awal kemudian divalidasi oleh seorang ahli isi/ mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. selanjutnya produk diujicobakan dengan menggunakan tiga tahap uji coba, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket/kuesioner. Pada penelitian ini, kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data hasil review ahli dan juga hasil review dari uji coba. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi multimedia interaktif dari: 1) uji ahli isi berada pada nilai 86,67% dengan kriteria baik tetap ada revisi; 2) uji ahli desain pembelajaran pada nilai 80% dengan kriteria baik tetap ada revisi; 3) uji ahli media pembelajaran pada nilai 80% dengan kriteria baik tetap ada revisi. Hasil uji coba multimedia interaktif dari:1) uji coba perorangan mendapatkan rata-rata presentase 86.68% (baik), 2) uji coba kelompok kecil berada pada nilai rata-rata presentase 81% (baik), 3) uji coba kelompok besar berada pada nilai rata-rata presentase 85,4% (baik). Berdasarkan hasil penelitian, multimedia interaktif yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Drama kelas XI SMA Negeri 1 Tegaldlimo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model ADDIE, multimedia interaktif, pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mia Anggun Puspitasari |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 12:52 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 12:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9089 |
Actions (login required)
View Item |