PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGETAHUAN FAKTUAL PADA SISWA KELAS IV SD

Sigumonrong, Veneshia Silver Yevwiner (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGETAHUAN FAKTUAL PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031089-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031089-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (561kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031089-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031089-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031089-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat ukur tes yang berorientasi pada Pengetahuan Faktual di kelas IV tema 7 pada pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar se-Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen pengetahuan faktual dengan menggunakan model Borg & Gall yaitu: 1. Analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan pengembangan, 2. Merancang alat ukur berupa tes yang berpusat pada pengetahuan faktual, 3. Mengambangkan alat ukur pengetahuan faktual, 4. Mengimplementasikan alat ukur tes yang berpusat pada pengetahuan faktual. Pengembangan dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu: tahap-tahap analisis kebutuhan, merumuskan tujuan, merancang alat ukur tes berpusat pada pengetahuan faktual, pengembangan alat ukur tes yang berpusat pada pengetahuan faktual, mengimplementasikan alat ukur tes sesuai dengan pengetahuan faktual. Metode pengambilan data dalam penelitian ini melalui melalui proses validasi Instrumen. Untuk mengukur validitas instrumen menggunakan lembar penilaian uji ahli dan diuji cobakan kepada peserta didik dalam uji coba terbatas dan luas. Data validitas instrument selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi point biseral. Untuk mengetahui rata-rata skor validitas instrumen pengetahuan faktual yang diperoleh dari uji ahli instrumen, uji coba terbatas, dan uji coba luas, instrumen sebesar 0,75, 0,849, dan 0,868. Dengan begitu, secara keseluruhan validitas instrument pengetahuan faktual berada pada rentangan kualifikasi sangat tinggi yaitu 0,81 sampai 1,00. Berdasarkan analisis tersebut, maka Instrumen Pengetahuan Faktual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen Pengetahuan Faktual pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: VENESHIA SILVER YEVWINER SIGUMONRONG
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:43
Last Modified: 21 Oct 2021 03:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item