Sigumonrong, Veneshia Silver Yevwiner (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGETAHUAN FAKTUAL PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031089-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031089-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (561kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031089-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031089-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031089-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat ukur tes yang berorientasi pada Pengetahuan Faktual di kelas IV tema 7 pada pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar se-Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen pengetahuan faktual dengan menggunakan model Borg & Gall yaitu: 1. Analisis kebutuhan dan merumuskan tujuan pengembangan, 2. Merancang alat ukur berupa tes yang berpusat pada pengetahuan faktual, 3. Mengambangkan alat ukur pengetahuan faktual, 4. Mengimplementasikan alat ukur tes yang berpusat pada pengetahuan faktual. Pengembangan dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu: tahap-tahap analisis kebutuhan, merumuskan tujuan, merancang alat ukur tes berpusat pada pengetahuan faktual, pengembangan alat ukur tes yang berpusat pada pengetahuan faktual, mengimplementasikan alat ukur tes sesuai dengan pengetahuan faktual. Metode pengambilan data dalam penelitian ini melalui melalui proses validasi Instrumen. Untuk mengukur validitas instrumen menggunakan lembar penilaian uji ahli dan diuji cobakan kepada peserta didik dalam uji coba terbatas dan luas. Data validitas instrument selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi point biseral. Untuk mengetahui rata-rata skor validitas instrumen pengetahuan faktual yang diperoleh dari uji ahli instrumen, uji coba terbatas, dan uji coba luas, instrumen sebesar 0,75, 0,849, dan 0,868. Dengan begitu, secara keseluruhan validitas instrument pengetahuan faktual berada pada rentangan kualifikasi sangat tinggi yaitu 0,81 sampai 1,00. Berdasarkan analisis tersebut, maka Instrumen Pengetahuan Faktual pada siswa kelas IV Sekolah Dasar layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Pengetahuan Faktual pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | VENESHIA SILVER YEVWINER SIGUMONRONG |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 03:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9098 |
Actions (login required)
View Item |