Talo, Yohana Anggreni (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041016-COVER.pdf Download (296kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041016-ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041016-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh 1) lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika yang valid; 2) lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika yang praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, akan tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kalembu Danga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi dan lembar kepraktisan yang berupa lembar angket respon guru dan angket respon siswa. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan LKPD berbasis etnomatematika sedangkan lembar angket respon guru dan siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan LKPD berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Adapun hasil analisis data yaitu: 1) hasil validasi LKPD berbasis enomatematika dari 2 orang ahli sebagai validator dan 2 orang guru sebagai praktisi diperoleh skor aktual 178 dan 182 dengan kategori sangat valid, 2) hasil lembar angket respon 2 orang guru diperoleh skor rata-rata 34,5 dengan kategori sangat praktis sedangkan hasil lembar angket respon 25 orang siswa terhadap LKPD berbasis etnomatematika diperoleh persentase 80,2% dengan kategori kuat/praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika yang berkualitas baik dan layak untuk diimplementasikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Etnomatematika, Batu Kubur dan Rumah Adat Sumba |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | YOHANA ANGGRENI TALO |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9169 |
Actions (login required)
View Item |