PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-SUMMARY BERPIKIR KREATIF DENGAN MODEL HANNAFIN DAN PECK UNTUK PESERTA DIKLAT DI BPSDM PROVINSI BALI TAHUN 2021

Andriani, Pauline Tricia Putri (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-SUMMARY BERPIKIR KREATIF DENGAN MODEL HANNAFIN DAN PECK UNTUK PESERTA DIKLAT DI BPSDM PROVINSI BALI TAHUN 2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711021027-COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711021027-ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711021027-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun bahan ajar elektronik yang dikemas dalam bentuk e-summary, dan untuk mengetahui validitas bahan ajar e-summary menurut para ahli dan uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Hannafin & Peck. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencatatan dokumen dan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun bahan ajar e-summary ini terdiri dari pada tiga tahap yaitu Tahap analisis kebutuhan, Tahap desain, Tahap pengembangan dan implementasi. Dan pada setiap tahapannya melewati tahapan evaluasi. (2) Validitas pengembangan bahan ajar e-summary diukur melalui (a) hasil review ahli konten/isi dengan memperoleh persentase sebesar 93,3% berada pada kualifikasi sangat baik, (b) hasil review ahli bahasa e-summary 87,5% berada pada kualifikasi baik (c) hasil review dari uji coba perorangan menunjukan bahwa persentase keseluruhan subjek sebesar 97,1% dengan kualifikasi sangat baik dan (d) hasil review uji coba kelompok kecil menunjukan bahwa persentase keseluruhan subjek sebesar 96,3% dengan kualifikasi sangat baik. Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa e-summary valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan pada proses pembelajaran dalam pelatihan diklat berpikir kreatif. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar bahan ajar e-summary ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mandiri peserta diklat serta mempermudah dalam memahami materi pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-summary, pengembangan, hannafin & peck.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: PAULINE TRICIA PUTRI ANDRIANI
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:58
Last Modified: 21 Oct 2021 08:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9186

Actions (login required)

View Item View Item