Komalasari, Neneng (2021) PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041029-COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041029-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041029-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata-kata kunci : LKPD Digital, Problem Based Learning, Validitas, kepraktisan Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) digital berbasis Problem Based Learning ( PBL) pada materi Matematika Kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Dikarenakan kondisi Pandemi Covid 19 dan keterbatasan waktu, penelitian ini dilaksanakan hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek penelitian ini adalah LKPD Digital berbasis Problem Based Learning (PBL),sedangkan objek penelitian adalah validitas dan kepraktisan LKPD digital berbasis Problem Based Learning (PBL). LKPD yang dihasilkan sudah diuji validitas isinya oleh 3 pakar yaitu Ahli Materi,Ahli Media dan Ahli Desain Pembelajaran. Hasil validasi dianalisis dengan formula Gregory dan diperoleh koefisien validitas isi sebesar 1,0 dalam kategori valid. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif .Hasil pengembangan LKPD yang dihasilkan menunjukan validitas dari segi materi 3,76, validitas dari segi media 3,0 dan validitas segi desain pembelajaran 3,8. Rata-rata skor validitas LKPD secara keseluruhan yaitu 3,52. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru diperoleh skor 3,54 dan kepraktisan untuk siswa diperoleh skor 3,51. Hal ini menunjukkan LKPD digital berbasis problem based learning memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD Digital, Problem Based Learning, Validitas, kepraktisan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Neneng Komalasari |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 15:50 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 15:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9244 |
Actions (login required)
View Item |