PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Komalasari, Neneng (2021) PENGEMBANGAN LKPD DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041029-COVER.pdf

Download (558kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041029-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041029-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata-kata kunci : LKPD Digital, Problem Based Learning, Validitas, kepraktisan Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) digital berbasis Problem Based Learning ( PBL) pada materi Matematika Kelas V SD yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Dikarenakan kondisi Pandemi Covid 19 dan keterbatasan waktu, penelitian ini dilaksanakan hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek penelitian ini adalah LKPD Digital berbasis Problem Based Learning (PBL),sedangkan objek penelitian adalah validitas dan kepraktisan LKPD digital berbasis Problem Based Learning (PBL). LKPD yang dihasilkan sudah diuji validitas isinya oleh 3 pakar yaitu Ahli Materi,Ahli Media dan Ahli Desain Pembelajaran. Hasil validasi dianalisis dengan formula Gregory dan diperoleh koefisien validitas isi sebesar 1,0 dalam kategori valid. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif .Hasil pengembangan LKPD yang dihasilkan menunjukan validitas dari segi materi 3,76, validitas dari segi media 3,0 dan validitas segi desain pembelajaran 3,8. Rata-rata skor validitas LKPD secara keseluruhan yaitu 3,52. Sedangkan hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru diperoleh skor 3,54 dan kepraktisan untuk siswa diperoleh skor 3,51. Hal ini menunjukkan LKPD digital berbasis problem based learning memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LKPD Digital, Problem Based Learning, Validitas, kepraktisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Neneng Komalasari
Date Deposited: 21 Oct 2021 15:50
Last Modified: 21 Oct 2021 15:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9244

Actions (login required)

View Item View Item