Panggabean, Niya Selfiana (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SPARKOL SCRIBE DENGAN MODEL SAVI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 091617 SERBELAWAN TAHUN PELAJARAN 2020/20201. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711021026-COVER.pdf Download (599kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711021026-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711021026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711021026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711021026-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian yang menggunakan model SAVI . Adapun tujuan penelitian pengembangan ini yaitu 1) mengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV di SD Negeri 091617 Serbelawan tahun pelajaran 2020/2021, dan 2) mengetahui validitas media video pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 091617 Serbelawan tahun pelajaran 2020/2021. rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan belum tersedia video pembelajaran untuk mendukung pembelajaran pada mata pelajaran IPS tersebut Subjek penelitian ini yaitu 1 orang sebagai ahli isi pembelajaran, 1 orang sebagai ahli desain pembelajaran, 1 orang sebagai ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, dan 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model SAVI . Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencatatan dokumen dan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dikatakan valid melalui: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,66%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,67%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95,55%). Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa Video pembelajaran interaktif valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar Video pembelajaran interaktif ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, Video Pembelajaran Interaktif , Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | NIYA SELFIANA PANGGABEAN |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:35 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9260 |
Actions (login required)
View Item |