Fauzia, Farah (2021) Pengembangan Buku Panduan Cyber Counseling Berbasis Aplikasi Whatsapp untuk Siswa SMA Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (ABSTRAK)
1711011033-ABSTRAK.pdf Download (370kB) |
|
Text (COVER)
1711011033-COVER.pdf Download (783kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (456kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011033-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keberterimaan buku panduan cybercounseling berbasis aplikasi whatsapp untuk siswa SMA. Penelitian ini termaksud jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini juga melibatkan reviewer yaitu 2 dosen dari Program Studi Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 guru bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Busungbiu. Untuk mendapatkan data keberterimaan siswa, peneliti juga melibatkan 5 siswa di SMA Negeri 1 Busungbiu. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode pencatatan dokumen, wawancara, dan menyebaran kuisioner atau angket. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh 4 orang ahli/pakar dalam bidang bimbingan konseling, didapatkan hasil penilaian pakar I mendapatkan persentase 100% dalam kualifikasi sangat baik, penilaian pakar II mendapatkan persentase 80,30% dalam kualifikasi baik, penilaian pakar III mendapatkan persentase 100% dalam kualifikasi sangat baik, dan penilaian pakar IV mendapatkan persentase 100% dalam kualifikasi sangat baik. Kemudian berdasarkan tabel konversi PAP tingkat pencapaian dengan skala 5, persentase skor untuk hasil respon siswa adalah 83,21% berada pada rentangan 80 – 89% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penilaian dari para pakar dan siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media layanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CyberCounseling, Aplikasi Whatsapp, Buku Panduan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Farah Fauzia |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:49 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9266 |
Actions (login required)
View Item |