Pengembangan lembar kerja peserta didik digital berorientasi pemecahan masalah pada pembelajaran ipa siswa kelas v SD

Noviani, Ni Luh Indah (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik digital berorientasi pemecahan masalah pada pembelajaran ipa siswa kelas v SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929041031-COVER.pdf

Download (798kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929041031-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929041031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929041031-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929041031-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929041031-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929041031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929041031-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Digital, dan Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital berorientasi pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik LKPD digital berorientasi pemecahan masalah yang dikembangkan adalah terdiri dari tutorial, contoh, dan latihan, sehingga dapat mendorong pembelajaran siswa berpusat pada siswa. Materi pembelejaran dikaitkan dengan kehidupan siswa sehari-hari, agar LKPD lebih menarik dan memberi pengalaman belajar secara langsung. LKPD digital ini sudah diujicoba untuk mengetahui validitas materi, validitas desain, dan validitas media. Selain itu, uji coba juga dimaksudkan untuk mendapatkan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan media diperoleh skor 4,95 tergolong sangat layak dan kelayakan tampilan diperoleh skor 4,92 tergolong sangat layak. Selanjutnya kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor 4,72 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi peserta didik diperoleh skor 4,86 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah ini layak digunakan. x ABSTRACT Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Development of Problem-Solving Oriented Digital Student Worksheets in Science Learning for 5th Grade Elementary School Students” Thesis, Elementary Education, Postgraduate Program, Ganesha University of Education. This thesis has been approved and checked by Advisor I: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I. Kom. and Advisor II : Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. Keywords: Development, LKPD, Digital, and Problem Solving This study aims to develop a problem-solving-oriented digital LKPD in science learning for fifth grade elementary school students. This study uses a 4-D development model consisting of four main stages, namely define, design, develop, and disseminate. The results of this study indicate that the characteristics of the problem-solving-oriented digital worksheets developed are consisting of tutorials, examples, and exercises, so that they can encourage student-centered learning. Learning materials are related to students' daily lives, so that LKPD is more interesting and provides a direct learning experience. This digital worksheet has been tested to determine the validity of the material, the validity of the design, and the validity of the media. In addition, the trial is also intended to obtain the feasibility, practicality, and effectiveness of the media. The test results show that the problem-solving-oriented digital worksheets are valid in terms of content. For the media feasibility test, a score of 4.95 was obtained which was classified as very feasible and the display feasibility obtained a score of 4.92 classified as very feasible. Furthermore, in terms of practicality, a score of 4.70 was obtained which was classified as very practical. Finally, in terms of effectiveness, the percentage of students' classical completeness is 100%. So it can be concluded that this problem-solving-oriented digital worksheet is feasible to use.ix ABSTRAK Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berorientasi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD” Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom. dan Pembimbing II: Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Digital, dan Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital berorientasi pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik LKPD digital berorientasi pemecahan masalah yang dikembangkan adalah terdiri dari tutorial, contoh, dan latihan, sehingga dapat mendorong pembelajaran siswa berpusat pada siswa. Materi pembelejaran dikaitkan dengan kehidupan siswa sehari-hari, agar LKPD lebih menarik dan memberi pengalaman belajar secara langsung. LKPD digital ini sudah diujicoba untuk mengetahui validitas materi, validitas desain, dan validitas media. Selain itu, uji coba juga dimaksudkan untuk mendapatkan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan media diperoleh skor 4,95 tergolong sangat layak dan kelayakan tampilan diperoleh skor 4,92 tergolong sangat layak. Selanjutnya kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor 4,72 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi peserta didik diperoleh skor 4,86 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah ini layak digunakan. x ABSTRACT Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Development of Problem-Solving Oriented Digital Student Worksheets in Science Learning for 5th Grade Elementary School Students” Thesis, Elementary Education, Postgraduate Program, Ganesha University of Education. This thesis has been approved and checked by Advisor I: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I. Kom. and Advisor II : Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. Keywords: Development, LKPD, Digital, and Problem Solving This study aims to develop a problem-solving-oriented digital LKPD in science learning for fifth grade elementary school students. This study uses a 4-D development model consisting of four main stages, namely define, design, develop, and disseminate. The results of this study indicate that the characteristics of the problem-solving-oriented digital worksheets developed are consisting of tutorials, examples, and exercises, so that they can encourage student-centered learning. Learning materials are related to students' daily lives, so that LKPD is more interesting and provides a direct learning experience. This digital worksheet has been tested to determine the validity of the material, the validity of the design, and the validity of the media. In addition, the trial is also intended to obtain the feasibility, practicality, and effectiveness of the media. The test results show that the problem-solving-oriented digital worksheets are valid in terms of content. For the media feasibility test, a score of 4.95 was obtained which was classified as very feasible and the display feasibility obtained a score of 4.92 classified as very feasible. Furthermore, in terms of practicality, a score of 4.70 was obtained which was classified as very practical. Finally, in terms of effectiveness, the percentage of students' classical completeness is 100%. So it can be concluded that this problem-solving-oriented digital worksheet is feasible to use.ix ABSTRAK Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berorientasi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD” Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom. dan Pembimbing II: Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Digital, dan Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital berorientasi pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik LKPD digital berorientasi pemecahan masalah yang dikembangkan adalah terdiri dari tutorial, contoh, dan latihan, sehingga dapat mendorong pembelajaran siswa berpusat pada siswa. Materi pembelejaran dikaitkan dengan kehidupan siswa sehari-hari, agar LKPD lebih menarik dan memberi pengalaman belajar secara langsung. LKPD digital ini sudah diujicoba untuk mengetahui validitas materi, validitas desain, dan validitas media. Selain itu, uji coba juga dimaksudkan untuk mendapatkan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan media diperoleh skor 4,95 tergolong sangat layak dan kelayakan tampilan diperoleh skor 4,92 tergolong sangat layak. Selanjutnya kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor 4,72 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi peserta didik diperoleh skor 4,86 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah ini layak digunakan. x ABSTRACT Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Development of Problem-Solving Oriented Digital Student Worksheets in Science Learning for 5th Grade Elementary School Students” Thesis, Elementary Education, Postgraduate Program, Ganesha University of Education. This thesis has been approved and checked by Advisor I: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I. Kom. and Advisor II : Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. Keywords: Development, LKPD, Digital, and Problem Solving This study aims to develop a problem-solving-oriented digital LKPD in science learning for fifth grade elementary school students. This study uses a 4-D development model consisting of four main stages, namely define, design, develop, and disseminate. The results of this study indicate that the characteristics of the problem-solving-oriented digital worksheets developed are consisting of tutorials, examples, and exercises, so that they can encourage student-centered learning. Learning materials are related to students' daily lives, so that LKPD is more interesting and provides a direct learning experience. This digital worksheet has been tested to determine the validity of the material, the validity of the design, and the validity of the media. In addition, the trial is also intended to obtain the feasibility, practicality, and effectiveness of the media. The test results show that the problem-solving-oriented digital worksheets are valid in terms of content. For the media feasibility test, a score of 4.95 was obtained which was classified as very feasible and the display feasibility obtained a score of 4.92 classified as very feasible. Furthermore, in terms of practicality, a score of 4.70 was obtained which was classified as very practical. Finally, in terms of effectiveness, the percentage of students' classical completeness is 100%. So it can be concluded that this problem-solving-oriented digital worksheet is feasible to use.ix ABSTRAK Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berorientasi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD” Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom. dan Pembimbing II: Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, LKPD, Digital, dan Pemecahan Masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital berorientasi pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik LKPD digital berorientasi pemecahan masalah yang dikembangkan adalah terdiri dari tutorial, contoh, dan latihan, sehingga dapat mendorong pembelajaran siswa berpusat pada siswa. Materi pembelejaran dikaitkan dengan kehidupan siswa sehari-hari, agar LKPD lebih menarik dan memberi pengalaman belajar secara langsung. LKPD digital ini sudah diujicoba untuk mengetahui validitas materi, validitas desain, dan validitas media. Selain itu, uji coba juga dimaksudkan untuk mendapatkan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan media diperoleh skor 4,95 tergolong sangat layak dan kelayakan tampilan diperoleh skor 4,92 tergolong sangat layak. Selanjutnya kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor 4,72 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi peserta didik diperoleh skor 4,86 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD digital berorientasi pemecahan masalah ini layak digunakan. x ABSTRACT Noviani, Ni Luh Indah (2021). “Development of Problem-Solving Oriented Digital Student Worksheets in Science Learning for 5th Grade Elementary School Students” Thesis, Elementary Education, Postgraduate Program, Ganesha University of Education. This thesis has been approved and checked by Advisor I: Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I. Kom. and Advisor II : Dr. I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. Keywords: Development, LKPD, Digital, and Problem Solving This study aims to develop a problem-solving-oriented digital LKPD in science learning for fifth grade elementary school students. This study uses a 4-D development model consisting of four main stages, namely define, design, develop, and disseminate. The results of this study indicate that the characteristics of the problem-solving-oriented digital worksheets developed are consisting of tutorials, examples, and exercises, so that they can encourage student-centered learning. Learning materials are related to students' daily lives, so that LKPD is more interesting and provides a direct learning experience. This digital worksheet has been tested to determine the validity of the material, the validity of the design, and the validity of the media. In addition, the trial is also intended to obtain the feasibility, practicality, and effectiveness of the media. The test results show that the problem-solving-oriented digital worksheets are valid in terms of content. For the media feasibility test, a score of 4.95 was obtained which was classified as very feasible and the display feasibility obtained a score of 4.92 classified as very feasible. Furthermore, in terms of practicality, a score of 4.70 was obtained which was classified as very practical. Finally, in terms of effectiveness, the percentage of students' classical completeness is 100%. So it can be concluded that this problem-solving-oriented digital worksheet is feasible to use.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, Digital, dan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Indah Noviani
Date Deposited: 22 Oct 2021 06:46
Last Modified: 22 Oct 2021 06:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9287

Actions (login required)

View Item View Item