Wati, Ni Ketut Widhi Trisna (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Pjok Berbasis Video Tutorial pada Materi Aktivitas Pengembangan untuk Peserta Didik Kelas IX SMP Lab Undiksha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1716011048-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1716011048-ABSTRAK.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1716011048-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (508kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1716011048-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1716011048-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1716011048-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1716011048-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1716011048-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (531kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1716011048-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Terbatasnya penggunaan media pembelajaran PJOK merupakan suatu masalah dalam menyampaikan materi aktivitas pengembangan. Pengembangan ini bertujuan mengasilkan produk media pembelajaran PJOK berbasis video tutorial, untuk pembelajaran PJOK Pada Materi Aktivitas Pengembangan pada komponen kecepatan dan kelincahan kelas IX SMP. Model pengembangan video tutorial ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE meliputi lima tahap yaitu: tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Langkah validasi bahan ajar mengadopsi model evaluasi formatif Dick and Carrey yang terdiri dari 4 tahap yaitu: uji coba ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi adalahbaik dengan persentase 89,33%, aspek media pembelajaran adalah baik dengan persentase 98,66%, dan aspek desain pembelajaran adalah sangat baik persentase 92,63%.Hasil uji perorangan adalah sangat baik dengan persentase 91,33%, hasil uji kelompok kecil adalah sangat baik dengan persentase 92,67%,dan hasil uji coba kelompok besar sangat baik dengan persentase 93,16%. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran PJOK berbasis video tutorial pada materi aktivitas pengembangan sudah memenuhi kelayakan dari aspek uji coba ahli isi, media, desain dan uji coba produk. Sehingga telah layak diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, video tutorial, aktivitas pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Widhi Trisna Wati |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 06:55 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9291 |
Actions (login required)
View Item |