Julliana, Putu Ardi (2022) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SUKASADA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI (SPE). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1512011028-COVER)
1512011028-COVER.pdf Download (958kB) |
|
Text (1512011028-ABSTRAK)
1512011028-ABSTRAK.pdf Download (499kB) |
|
Text (1512011028-BAB1 PENDAHULUAN)
1512011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (1512011028-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1512011028-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (1512011028-BAB 3 METODE PENELITIAN)
1512011028-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text (1512011028-BAB 4 PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1512011028-BAB 4 PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (892kB) | Request a copy |
|
Text (1512011028-BAB 5 PENUTUP)
1512011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (1512011028-DAFTAR PUSTAKA)
1512011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (1512011028-LAMPIRAN)
1512011028-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui strategi pembelajaran ekspositori siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sukasada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaborasi dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri atas empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menyimak siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Sukasada. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu, kelas VIIC tahun 2021 dengan jumlah 37 siswa, di antaranya jumlah siswa laki-laki 18 orang dan jumlah siswa perempuan 19 orang. Penelitian ini terbagi atas 3 tahapan, yakni, pratindakan, siklus I dengan 3 pertemuan, dan siklus II dengan 3 pertemuan. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan soal tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, instrumen tes (mengukur kemampuan menyimak) dan nontes (persentase aktivitas siswa). Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, teknik analisis data kuantitatif yaitu, mencari hasil nilai rata-rata kemampuan menyimak pada siklus I dan II. Berdasarkan hasil analisis data atas hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VII. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kemampuan menyimak pada tahap pratindakan sebesar 51,35, pada siklus I meningkat sebesar 64,97 atau meningkat sebesar 13,62 dari pratindakan, kemudian pada siklus II meningkat 77,69 atau meningkat sebesar 12,72 dari siklus I. Berdasarkan hasil nontes, siswa mengalami perubahan perilaku yang positif yaitu, kesiapan siswa menerima pelajaran dengan lebih baik dan meningkatnya respon siswa dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Penggunaan strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Sukasada. Oleh karena itu, siswa, guru dan lembaga pendidikan diupayakan untuk menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil pembelajaran kemampuan menyimak siswa kelas VII pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci: Upaya, Kemampuan menyimak, Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Upaya, Kemampuan menyimak, Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE). |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Putu Ardi Juliana |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:50 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9431 |
Actions (login required)
View Item |