Suparta, I Gede (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 1 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1514031002-COVER.pdf Download (8MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1514031002-ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1514031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (447kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1514031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1514031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1514031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1514031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1514031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (550kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1514031002-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian didesain dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Sasaran perbaikan terdiri dari 30 orang siswa yang dilakukan oleh guru kelas VII H SMP N 1 Kubu, data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis yakni data pembelajaran oleh guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat diaplikasikan oleh guru IPS dengan rata-rata nilai meningkat dari 72 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 92 dengan kategori amat baik pada siklus II, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dengan nilai rata-rata meningkat dari 79,08 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 87,38 dengan kategori aktif pada siklus II, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kubu dengan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 60,00 menjadi 81,17.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, hasil belajar, dan Jigsaw. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | I Gede Suparta |
Date Deposited: | 07 Feb 2020 08:15 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 08:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/947 |
Actions (login required)
View Item |