PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 1 KUBU

Suparta, I Gede (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 1 KUBU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1514031002-COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1514031002-ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1514031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1514031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1514031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1514031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1514031002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1514031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1514031002-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian didesain dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Sasaran perbaikan terdiri dari 30 orang siswa yang dilakukan oleh guru kelas VII H SMP N 1 Kubu, data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis yakni data pembelajaran oleh guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat diaplikasikan oleh guru IPS dengan rata-rata nilai meningkat dari 72 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 92 dengan kategori amat baik pada siklus II, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa dengan nilai rata-rata meningkat dari 79,08 dengan kategori cukup pada siklus I menjadi 87,38 dengan kategori aktif pada siklus II, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kubu dengan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 60,00 menjadi 81,17.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, dan Jigsaw.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: I Gede Suparta
Date Deposited: 07 Feb 2020 08:15
Last Modified: 07 Feb 2020 08:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item