Dita, Made Agus Dwi Pradnyana (2022) PENGGUBAHAN BUKU AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MUATAN TEMATIK TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS IV BAGI SISWA KIDAL DI SD KOTA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031031-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031031-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (465kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031031-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031031-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (547kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031031-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun penggubahan buku ajar berbasis Problem Based Learning muatan tematik tema 1 subtema 1 kelas IV bagi siswa kidal, (2) untuk mengetahui kelayakan penggubahan buku ajar berbasis Problem Based Learning muatan tematik tema 1 subtema 1 kelas IV bagi siswa kidal, dan (3) untuk mengetahui efektivitas penggubahan buku ajar berbasis Problem Based Learning muatan tematik tema 1 subtema 1 kelas IV bagi siswa kidal di SD Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan model Hannafin and Peck Penelitian ini menggunakan metode tes, metode angket/kuesioner, metode wawancara tidak berstruktur, dan metode observasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) Rancang bangun buku ajar yang meliputi beberapa tahapan yaitu (a) tahap analisis kebutuhan, (b) tahap desain, dan (c) tahap pengembangan dan implementasi, (2) Buku ajar bagi siswa kidal ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran sebesar 96,43%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 97,9%, uji ahli media pembelajaran sebesar 97,5%, uji coba perorangan sebesar 95,83%, uji coba kelompok kecil sebesar 95,42%, dan uji coba lapangan sebesar 94,67% yang keseluruh persentase skornya dikualifikasikan sangat baik, (3) Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung = 5,755 sedangkan nilai ttabel ¬= 2,145. Hal ini berarti thitung > t¬tabel sehingga H0 ditolak dan H¬1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa penggubahan buku ajar berbasis Problem Based Learning muatan Tematik Tema 1 Subtema 1 Kelas IV efektif pada siswa kidal di SD Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggubahan, buku ajar, Problem Based Learning, siswa kidal. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Agus Dwi Pradnyana Dita |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 08:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9517 |
Actions (login required)
View Item |