Suartika, I Wayan (2022) Penerapan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning melalui Aplikasi Powtoon pada Materi Pokok Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814021026-COVER.pdf Download (609kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814021026-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814021026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814021026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814021026-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah minimnya partisipasi siswa kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari dalam pembelajaran yang berdampak terhadap menurunnya motivasi dan hasil belajar sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui Aplikasi Powtoon, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model Discovery Learning melalui Aplikasi Powtoon. Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut (1) penentuan subjek penelitian, (2) menyusun rencana tindakan, (3) melaksanakan tindakan, (4) observasi, (5) evaluasi dan refleksi tindakan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari pada siklus I yaitu 45,45% mengalami peningkatan ketika siklus II sebesar 54,55% untuk kategori pilihan sangat setuju dan dengan demikian termasuk kategori tinggi; sedangkan (2) hasil belajar siswa kelas X AP A pada siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 67,27 dan ketuntasan belajar siswa adalah 27,27, mengalami peningkatkan pada siklus II dengan rata-rata ialah 72 sementara ketuntasan belajarnya mencapai 54,55 dengan kategori “sedang”. Berdasarkan penelitian ini dapat diperlihatkan bahwa melalui diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning berbantu Aplikasi Powtoon dapat meningkatkan motivasi belajar dan terlebih lagi hasil belajar siswa kelas X AP A SMKS Puri Wisata Pancasari semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Aplikasi Powtoon, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | I Wayan Suartika |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 01:24 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9573 |
Actions (login required)
View Item |