WindaYuliantari, I Gusti Ayu (2022) THE IMPLEMENTATION OF LEARNING VOCABULARY USING FLASHCARD FOR YOUNG CHILDREN THROUGH GOOGLE CLASSROOM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929081013-COVER.pdf Download (208kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929081013-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929081013-LAMPIRAN.pdf Download (460kB) |
Abstract
I Gusti Ayu Winda Yuliantari (2021), Implementasi Pembelajaran Kosakata Dengan Menggunakan Flashcard Untuk Pelajar Pemula Melalui Google Classroom. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pendidikan Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini diawasi dan disetujui oleh Penanggungjawab: Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi, M.A. dan Penanggungjawab II: Dr. I Gede Budasi, M.Ed. Kata kunci: Kosa kata, Flashcards, Google Classroom, Pembelajar pemula Penelitian ini bertujuan untuk mengamati 1) perencanaan dari kartu flash dalam Google Classroom untuk mengajar vocabulary, 2) implementasi pembelajaran kosakata dengan menggunakan kartu flash untuk Siswa melalui Google Classroom, 3) kelebihan dan kekurangan kartu flash dalam Google Classroom untuk mengajar kosa kata. Subjek dari penelitian ini adalah Guru Bahasa Inggris di Kelas 5 di SD Fajar Harapan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan daftar observasi dan panduan wawancara. Adapun prosedur dalam pengumpulan data yakni melakukan observasi secara online di Google Classroom, dilanjutkan dengan melakukan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan Teknik analisis dari Miles dan Huberman (2012) yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, presentasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada empat kegiatan mengecek silabus, menentukan teks atau materi yang akan diajar, menentukan metode mengajar, dan menyusun rencana pelaksaan pembelajaran; 2) ada tiga tahapan yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan kartu flash di Google Classroom yaitu Kegiatan awal, Kegiatan Inti, Kegiatan Penutup; 3) adapun kelebihan dari penggunaan kartu flash di Google Classroom adalah memotivasi siswa untuk belajar, menghindari kebosanan, membangun rasa ketertarikan siswa, dan membantu siswa dalam mengingat kosa kata sesuai gambar, sedangkan kekurangannya adalah koneksi Internet kurang bagus dan peralatan yang kurang mendukung. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah penggunaan kartu flash dalam Google Classroom memberi dampak positif kepada siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kosa kata, Flashcards,Google Classroom,Pembelajar pemula |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | I GUSTI AYU WINDA YULIANTARI |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 02:53 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 02:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9579 |
Actions (login required)
View Item |