Suyanti, Kadek Arlinda Devi (2022) MODEL PENDIDIKAN BERBASIS KESADARAN LINGKUNGAN STUDI KASUS ENGLISH CORNER COMMUNITY DI DESA SIDETAPA, BANJAR, BULELENG, BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814091010-COVER.pdf Download (272kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814091010-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814091010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (280kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814091010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814091010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814091010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (984kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814091010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814091010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814091010-LAMPIRAN.pdf Download (494kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan latar belakang terbentuknya English Corner Community di Desa Sidetapa, implementasi model pendidikan berbasis kesadaran lingkungan di English Corner Community dan Aspek-aspek yang ada dalam pembelajaran English Corner yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar Sosiologi di SMA. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui purposive sampling, observasi lapangan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Untuk pengembangan validitas data yang didapatkan peneliti menggunakan metode triangulasi yaitu dengan menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber yang telah ada. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang terbentuknya English Corner Community di Desa Sidetapa berdasarkan pada latar belakang masyarakat desa yang masih sangat awam dengan Bahasa Inggris dan ditunjukkan Desa Sidetapa sebagai salah satu desa wisata Bali Aga. Selanjutnya implementasi model pendidikan berbasis kesadaran lingkungan diterapkan dengan menggunakan tiga program yaitu program peduli lingkungan sebagai pengimplementasian pendidikan berbasis kesadaran lingkungan dan pembentukan karakter di English Corner Community, program kursus bayar pakai sampah plastik dan bank sampah My Darling Desa Sidetapa. Serta model pendidikan berbasis kesadaran lingkungan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar pada mata pelajaran Sosiologi di SMA pada materi Gejala Sosial dengan mengaitkannya pada Taksonomi Bloom yang menekankan pada aspek pengetahuan yaitu pada materi faktor terjadinya gejala sosial, aspek sikap dengan memberikan motivasi dan menekankan sikap peduli kepada peserta didik tentang bagaimana menjaga lingkungan sebagai salah satu faktor terjadinya gejala sosial dan aspek tindakan yaitu dengan menggunakan lingkungan sebagai tempat untuk mencari informasi secara nyata tentang faktor terjadinya gejala sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English Corner Community, Pendidikan kesadaran lingkungan, sumber belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Kadek Arlinda Devi Suyanti |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 07:46 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 07:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9586 |
Actions (login required)
View Item |