Putra, I Made Devid Krisna (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MODEL KONSTRUKSTIVISME MELALUI MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI POKOK PENGARUH AGAMA DAN KEBUDAYAAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X TATA BOGA SMK PURI WISATA PANCASARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814021002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814021002-ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814021002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (487kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIA TEORI)
1814021002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814021002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814021002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814021002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814021002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814021002-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini karena terdapat masalah berupa motivasi dan hasil belajar dalam proses pembelajaran di kelas X Tata Boga SMKS Puri Wisata Panca Sari. Penelitian ini bertujuan; (1) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas X Tata Boga setelah penerapan pembelajaran daring berbasis model Konstruktivisme berbantu media teka – teki silang, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Tata Boga setelah penerapan pembelajaran daring berbasis model Konstruktivisme berbantu media teka – teki silang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahap-tahap yang dilakukan dalam PTK yaitu (1) penentuan subjek penelitian, (2) membuat rencana tindakan, (3) melaksanakan tindakan, (4) observasi, (5) evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa kelas X Tata Boga pada siklus I yaitu 36,36% mengalami peningkatan ketika siklus II sebesar 66,67% untuk kategori pilihan sangat setuju dan dengan demikian termasuk kategori “tinggi”; sedangkan (2) hasil belajar siswa kelas X Tata Boga pada siklus I meperoleh nilai rata-rata yaitu 68,48 dan ketuntasan belajar 24,24%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 73,48 dengan ketuntasan belajar adaah 60,6% dengan kategori “sedang”. Berdasakan penelitian ini tentu dapat diperlihatkan bahwa melalui penerapan pembelajaran daring berbasis model Konstruktivisme berbantu media teka – teki silang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Tata Boga SMKS Puri Wisata Pancasari semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konstruktivisme, Teka-teki silang, motivasi belajar, hasil belajar, pembelajaran sejarah. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | I Made Devid Krisna Utama Putra |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 06:17 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 06:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9653 |
Actions (login required)
View Item |