ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP NEGERI 8 DENPASAR

ARTAWAN, I KADEK (2022) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP NEGERI 8 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071029-ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (530kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071029-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI SMP NEGERI 8 DENPASAR Oleh I Kadek Artawan, NIM 1713071029 Program Studi S1 Pendidikan IPA, Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu di SMP Negeri 8 Denpasar, menjelaskan kendala yang dialami guru dalam pembelajaran IPA, serta menjelaskan faktor penyebab kesulitan dalam pembelajaran IPA terpadu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Data yang dikumpulkan berupa data deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru IPA yang berjumlah enam orang dan peserta didik kelas VII-IX yang masing-masing jenjang terdiri dari sepuluh orang peserta didik SMP Negeri 8 Denpasar semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisioner/angket, dan dokumentasi. Tenik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif model yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru IPA SMP Negeri 8 Denpasar masih mengalami kendala/kesulitan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran IPA terpadu. Pada tahap perencanaan guru belum mealakukan perencanaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena kurangnya informasi (pelatihan). Pada tahap pelaksanaan guru belum mampu menyampaiakan materi secara terpadu, melainkan masih terpisah-pisah. Pada tahap penilaian guru masih mengalami kendala/kesulitan dalam membuat soal-soal pada materi yang bukan keahliannya. Kendala yang dihadapi guru disebabkan karena faktor kompetensi guru, kurangnya pelatihan, dan kurangnya sarana-prasarana pendukung pembelajaran. Kata kunci: kesulitan belajar, pembelajaran ipa terpadu, kompetensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kesulitan belajar, pembelajaran ipa terpadu, kompetensi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I KADEK ARTAWAN
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:00
Last Modified: 17 Feb 2022 06:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9812

Actions (login required)

View Item View Item